Cara Cepat Pindah Hosting dengan SSH

Sebelumnya saya pernah mebahas tentang Cara Pindah Hosting termudah, namun kali ini sy ingin membahas tentang Cara cepat Pindah Hosting SSH. Saya mempunyai hosting yang didalamnya ada sekitar 7 website. Hosting lama dan hosting baru sama-sama menggunakan cpanel yang support SSH (putty).

Hosting SSH :

Hosting yang memberikan login SSH kebayakan adalah hosting dari luar negeri. Yang pernah saya beli adalah dari hawkhost, selain murah dikasih juga login SSH-nya juga. Kalau hostgator bisa juga dikasih tapi harus minta dulu via email.

Lalu bagaimana cara cepat agar data semua website di hosting lama bisa berpindah ke hosting baru?

Berikut ini beberapa jawaban yang saya dapatkan dari teman-teman :

1. Pindah Hosting dengan SSH (wget)

Sesuai judul saya, hosting yang member akses SSH lebih mudah dipindahkan.

Caranya : di hosting lama saya buat file zip semua file yang mau saya pindahkan, maksud saya disini adalah file web dan file database. Trus di server baru saya tinggal ketikkan perintah ssh :

wget domainmu.com/semuafile.zip

wget /home/sinarweb/hasil.zip domain.com/ygdiambil.zip

Trus tunggu hingga semua terpindahkan, nah setelah itu baru upload databasenya, diseting dan selesai.

2. Pake alwaysonpc
Software ini free alias gratis kecepatan upload & download juga cepet.
Sebelumnya Install java dulu, daftar -> download jad filenya,  lalu jalankan.

sama kaya remote vnc kok, bedanya ini free, kecepatan upload bisa up 20 mb/sec, download bisa 200 mb/sec. saya sering gunakan untuk membackup & merestore, web client saya.

3. Transfer file antar ftp/scp dari cpanel aja
Cara ini menggunakan Tranfer file antar FTP, nanti jadi full bacup , misal cuma butuh databasenya aja, file web nya bisa di hilangkan di file manager

Kalo menggunakan SSH

export db di host lama
mysql -u username -p database_name > dumpfile.sql

letakkan dumpfile.sql di tempat yg bisa di akses lewat browser, nanti dari host baru tinggal wget dumpfile.sql yang tadi lalu di tinggal di import databasenya.

4. Cari di google dengan keyword “mysqldump ssh tar”

Teorinya, di server lama mysqlnya di dump (dengan asumsi databasenya pake mysql), lalu pipe ke tar, setelah itu di pipe kirim langsung via ssh ke server baru, dan di server baru langsung ada file .sql nya atau bisa langsung di injeksi ke mysql nya…

Yang kita butuhkan cuma dua layar putty, satu di server lama dan satu di server baru tanpa harus download dan upload ke tempat kita dulu…

Demikian cara pindah hosting yang saya baca dari diskusiwebhosting.com, link kesana sudah rusak pada saat tutorial ini saya update, jadi saya hilangkan. Dari keempat cara tersebut cara yang saya sukai adalah cara pertama atau cara saya sendiri.

Leave a Comment