Penyabab Website Tidak Bisa Diakses

Website tidak bisa diakses,  disebabkan karena banyak hal, jadi ketika website kita tidak bisa diakses selidiki dulu penyebabnya, agar dapat diatasi dengan tepat

Berikut ini penyebab website tidak bisa diakses :

1. IP Address Anda terblokir

terblokirnya IP anda bisa disebabkan karena salah memasukkan password email atau ftp atau cpanel lebih dari 5 kali dari komputer anda, ataupun orang lain di kantor anda.  Meskipun Anda tetap dapat akses website lain.

Cara atasi :  hubungi webhosting anda, informasikan ip anda di ke CS-nya, cara mengetahui berapa IP anda bisa buka di ip-address.com CS akan membuka blokir IP-nya. Ingat,  IP  diblokir secara otomatis untuk menjaga keamanan server, dan tidak mungkin akan terblokir bila anda tidak atau karyawan lain di kantor anda salah password email, cpanel, ftp – jadi sebaiknya bicara baik-baik dengan CS jangan marah-marah 🙂

Untuk memastikan bahwa IP anda terblokir, anda bisa ke warnet untuk coba akses website anda, atau kunjungi http://mencoba.tk dan akseslah website anda (klik Go), bila bisa diakses berarti memang IP anda terblokir. Artinya dari tempat lain website anda dapat diakses dengan baik, tapi hanya dari kantor andayang tidak bisa.

2.  Domain dan hosting belum sinkron

Bila baru saja membeli domain, kemudian domain tersebut anda arahkan ke NS hosting, memang perlu menunggu sekitar 1×24 jam (propagansi).  Pastikan anda telah menuliskan NS (name server) dengan benar saat mensetting domain anda, Bila menggunakan A-record pastikan IP telah benar.

3.  Server Hosting sedang Lambat

Bila website anda tidak bisa diakses darimakapun juga, padahal anda tidak melakukan perubahan apa-apa dari domain dan hosting, ada kemungkinan server hostingnya sedang berat (load server berat/tinggi).  Untuk share hosting kejadian seperti ini wajar saja, karena satu server digunakan untuk banyak orang, dan bila ada salah satu pelanggan lain menyebabkan server lambat, semua pelanggan jadi kena dampaknya.  Untuk masalah tersebut hubungi CS tempat anda membeli hosting.  Sebaiknya santai saja bicaranya, agar CS tidak panik, semakin CS panik semakin lambat kerjanya.

4.  Domain anda expired masa berlakunya

Bila domain anda expired, maka tampilan domain anda seperti tampilan website yang di parking  Ada tampilan tapi tidak menampilkan yang seperti biasaya.  Bila hosting anda expired, bisa tampil dengan tampilan “Suspended”

5.  Hosting anda expired atau Pelanggaran TOS (Suspended)

Bila hosting anda expired, akan tampil halaman  “Suspended”. Selain hosting expired, suspended bisa juga disebabkan karena adanya pelanggaran TOS  di website anda, misal di website anda ada file phissing (mencari password orang lain), massmail (pengiriman email massal),  MLM, pirated, Mp3 dan sejenisnya yang memberatkan server.

6.  Hosting Anda terindikasi Massmail (Forbidden)

Mass mail adalah pengiriman email secara otomatis, untuk shared hosting biasanya pengiriman email dibatasi 120 per jam. Ini agar tidak memberatkan server dan mengganggu pelanggan lain. Bila website anda terindikasi massmail, maka bila diakses muncul pesan “Forbidden”.

5.  Hosting tekena Mallware (Report Attack)

Dalam website anda terindikasi ada virus atau file yang membahayakan, anda harus menghapus file tersebut dan mencoba mengatasinya sesuai tutorial  cara atasi malware

Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisnis anda tetap lancar 🙂

Leave a Comment