Cara Mengatasi Outlook Tidak Bisa Kirim Email sebenarnya mudah, tapi ada beberapa kasus juga sulit. Kasus yang dialami oleh pengguna email adalah tidak bisa digunakan untuk mengirim email dari mail client (seperti micosoft Outlook, Thunderbird dll), sedangkan bila dari webmail bisa.
Tenang.. jangan terburu menyalahkan penyedia hosting dan atau penyedia koneksi internet Anda.. Bisa jadi masalahnya pada komputer anda sendiri.. Apa solusinya?
Solusi 1. Akses email pakai webmail
contoh : www.sinarweb.com/webmail –> sinarweb.com ganti sesual alamat domain anda
masukkan email anda lengkap dan password email anda, lalu pilih squiremail Anda bisa langsung kirim email dengan klik Compose, dan melihat email yang masuk dengan klik Inbox
Solusi 2. ganti SMTP Anda sesuai koneksi internetnya
Tanya ke karyawan admin perusahaan anda, biasanya sudah tahu, daripada ribet hehe, misal bila pakai speedy smtpnya diganti : smtp.telkom.net bila pakai profider lain tanyakan smtpnya ke provider internetnya
Untuk Outlook biasanya di menu Tool, Account, klik account Email anda lalu klik properties, trus klik mail
Solusi 3. Cek IP Anda apakah terindikasi SPAM
1. Akses www.ip.co.id dan catat IP pada layar monitor, misal Your IP : 110.137.224.2
2. Kunjungi http://www.spamhaus.org/lookup/ masukkan IP anda dan klik Look up
3. Bila Muncul tulisan warna merah, artinya IP koneksi internet anda, apakah itu speedy, fasnet dll, terindikasi spam. Tapi jangan langsung menyalahkan speedy, fasnet dll, karena bisa jadi komputer anda terkena virus trojan yang menjadikan IP Anda terindikasi sebagai spammer.
4. Klik Link yang tampil dibawah gambar merah ( PBL281558) – gambar diatas
5. Klik Remove IP from PBL – lihat gambar dibawah
4. Klik Remove IP Address – gambar dibawah :
5. Isikan Form yang muncul seperti gambar ini, Ingat email TIDAK boleh di isi dengan yahoo atau gmail (email gratisan). coba dengan email telkom.net atau email perusahaan anda.
6. Klik Submit pada gambar diatas, selesai. Anda akan dikirimi email informasi permintaan UN-blokir Ip anda seperti gambar dibawah ini :
7. Tunggu beberapa jam atau 1×24 jam, lalu coba cek kembali di http://www.spamhaus.org/lookup/
– Bila ip sudah tidak terblokir (tidak akan muncul tulisan warna merah seperti tadi).
Tambahan :
Cek juga IP anda di http://www.mxtoolbox.com/blacklists.aspx dan bila terblokir silakan lakukan hal yang mirip seperti diatas, dan juga bisa cek RBL di http://emailtalk.org
Karena banyak komplain tidak bisa kirim email lewat outlook (speedy). Untuk smtp nya bisa di diganti memakai smtp.telkom.net atau cek IP speedynya apakah terblokir di spamhaus atau tidak (beberapa kasus terblokir krn ada virus trojan di komputer pemakai.
Kalau permasalahannya karena setingan outlook anda belum benar silakan
Leave a Comment