Mengatasi Malware (Reported Attack Page)

Malware (malicious software /perangkat lunak yang mencurigakan)  adalah software yang diciptakan dengan maksud dari pembuatnya da

n merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Singkatnya malware itu virus komputer. Bila website anda terkena virus maka yang akan muncul gambar sbb :

Salah satu proses masuknya malware/badware ke dalam website anda bisa di sebabkan oleh adanya virus di komputer anda, disaat melakukan update website (upload file php atau html ) baik itu melalui FTP atau Browser maka virus akan meng-injeksikan beberapa script malware/badware ke dalam halaman website tanpa anda sadari sebelumnya, sehingga ketika google melakukan scaning dan menemukan script malware/badware ada di website anda maka google akan langsung memberikan Label Badware/Malware dalam SERP mereka.

Cara mengatasinya sebagai berikut :

Untuk mengatasi / menghilangkan Label Badware/Malware dalam SERP Google, maka anda

perlu melakukan beberapa hal, diantaranya:

1. Melakukan pembersihan script malware/badware pada script website anda

2. Meminta review pada pihak stopbadware.org

3. Meminta review pihak Google

Khusus untuk poin yang ke 3. yaitu Meminta review pihak Google, caranya adalah

* Anda harus memiliki account di google, bisa berupa account email di gmail.com.

* Masuk ke http://google.com/webmasters/tools

* Daftarkan website anda di google webmaster tools lalu lakukan verifikasi /verify. Anda harus membuat file html dari notepad, isinya cukup kosong saja, dan di save as semisal : googlefc91be7d5e697d70.html verifikasi tersebut masing-masing akan anda dapatkan setelah anda mendaftarkan website anda.  File html tersebut kemudian anda upload ke dalam directory website anda ( mis : public_html ).

* Setelah diupload kemudian ter verify silahkan masuk menu Overview dan klik link Review site

Dalam waktu 2 x 24 Jam, pihak stopbadware.org akan mereview website anda dan jika website anda memang sudah bersih dari malware/badware maka mereka akan menghubungi google, setelah itu Google akan melakukan review secara langsung. Setelah mereka menyatakan website anda benar-benar bersih maka Label Badware/Malware dalam SERP

Google akan segera di hilangkan, lama proses penghapusan Label ini membutuhkan waktu 2—24 jam.

Pencegahan Malware :

Banyak para pemakai komputer telah menjadi korban virus, worm, trojan atau malware lain. Jika komputer Anda belum terinfeksi malware, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Tidak mengupload lagi file-file website yang telah terinfeksi malware. File-file yang telah terinfeksi malware, dan anda tidak melakukan permbersihan script, sebaiknya tidak di upload ulang, karena hal tersebut masih akan terdeksi virus dan website anda di blokir oleh google lagi.

Gunakan dan selalu update antivirus

Dengan adanya antivirus yang terupdate, malware baru dapat dikenali. Semakin tahun berganti, Trojan dan variannya semakin berkembang dan semakin intens dalam penyebarannya. Karena itu sebaiknya Lengkapi PC/Laptop anda dengan update info-info terkini. Tidak perlu tahu terlalu mendetail, cukup mengenal secara general dan mengerti trend penyebaran.

Ubah password.

Malware mungkin sudah mengetahui password anda. Sebaiknya password diubah secara berkala. Password tersebut meliputi password akun windows, password e-mail, FTP, administrator website, Cpanel dan lain-lain.

Update peranti-peranti lunak.

Update peranti lunak, apalagi sistem operasi, akan menutup celah keamanan. Celah yang tadinya bisa digunakan malware untuk masuk bisa ditutupi. Pada saat ini kebanyakan sistem operasi, juga peranti lunak lain, telah menyediakan fasilitas update secara otomatis.

Install dan aktifkan firewall.

Firewall bisa mencegah serangan beberapa malware yang mencoba menyerang komputer Anda. Saat ini juga sudah banyaksistem operasi yang telah mengikutsertakan firewall. Aktifkan saja.

Gunakan antispyware.

Spyware merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan perjalanan/penjelajahan internet dan umumnya bisa berupa virus.

Backup file.

Backup file ke media lain seperti CD, DVD atau hard disk eksternal sehingga data tak akan terganggu meskipun komputer terserang malware.

Leave a Comment