Menu
  • Import & Export Database dengan SSH

    Nov
    06
    2012
    by : amin. Posted in : Hosting

    Cara Import Database dan Export Database dengan SSH Tool sangat mudah dan cepat, Database besar dapat di import dan export dengan cepat.

    Sudah lama saya bertanya ke forum webhosting tentang cara import dan export database yang besar tetapi belum ada jawaban yang memuaskan. Akhirnya hari ini saya bertanya ke support21 idwebhost (mas Wahyu) tentang cara import dan export database via ssh dan mendapatkan jawaban yang memuaskan. Latar Belakang masalah : Saya punya website dengan database besar 200 MB, tidak memungkinkan bila hanya di import melalui menu PhpMyAdmin di cpanel , dijamin pasti gagal. Kalau menggunakan Bigdump juga akan memakan waktu lama dan berkemungkinan eror.

    Berikut ini Tutorialnya :

    1. Export Database dari ssh (Dump) :

    mysqldump -p -u username database_name > dbname.sql

    bila ada permintaan password, masukkan password cpanel, nanti akan muncul toko.sql di public_html atau di lokasi tempat kita melakukan perintah ssh tersebut contoh : mysqldump -p -u ekerja ekerja_toko > toko.sql (lalu minta pasword, masukan pasword cpanel) Kalau dilakukan dengan cronjob tidak ada dialog, jadi pasword langsung dimasukan spt contoh : contoh : mysqldump -p12345 -uekerja ekerja ekerja_toko > toko.sql contoh diatas adalah bila pasword cpanelnya : 12345 dan username database : ekerja

    2. Bila Domainya beda, kita ubah isi databsenya menjadi domain baru :

    sed -ie ‘s/abc.com/XYZ/g’ /tmp/file.sql

    ket : mengganti tulisan abc menjadi XYZ di file.sql Contoh : Export database ke home : mysqldump -p -u sinarweb sinarweb_tc > tcg.sql Akan terbentuk file sql tcg.sql di home. Kita akan replace isi file tersebut tanpa merubah nama file Replace isi file : sed -ie ‘s/tuningcar.com/tuningacar.net/g’ tcg.sql merubah isi sql yg semula tuningcar.com diganti tuningcar.net dengan nama file sql tetap.

    3. Import Database toko.sql ke tujuannya

    mysql -u username -p localhost database_name < /path/to/your/database.sql

    atau

    mysql -u username -p -h localhost data-base-name < database.sql

    localhost tidak perlu dirubah, bila minta password masukkan password cpanel contoh : mysql -u ekerja -p -h localhost ekerj_toko < toko.sql catatan : toko.sql saya taruh di public_html

    Contoh :

    mysql -uekerja -p123456 ekerja_ekerja< /home/lapaklau/db.sql
        
    Contoh diatas, apabila user cpanel : ekerja, dan password cpanel 123456, dengan nama database db.sql dan lokasi database ada di home (sudah saya coba berhasil)

    Semoga anda juga terbantu dengan totorial tersebut, Upload database dan website menjadi sangat mudah dan cepat walaupun domainya berbeda.

    Cara Lain Import Export Database :

    1. Import Database : mysql -uekerja -p123456 ekerja_kerja < /home/ekerja/dbhasil.sql
    2. Export Database :  mysqldump -uekerja -p123456 ekerja_kerja > /home/ekerja/dbhasil.sql

    Keterangan : ekerja adalah user cpanel dan 123456 adalah pasword cpanel. Panah kekiri < import, sedangkan panah ke kanan > adalah export. Harus pakai path /home/usercpanel/, bila tidak pakai path tidak bisa.

    artikel lainnya Import & Export Database dengan SSH

    Friday 30 November 2012 | Hosting, Review

    Mencari Web Hosting Terbaik Indonesia dan di luar negeri butuh pengalaman, saya sudah ada pengalaman hosting…

    Thursday 10 February 2011 | Hosting

    Addon domain ( add on domain) merupakan fasilitas dari cpanel hosting yang berfungsi untuk menambahkan domain…

    Monday 9 April 2012 | Hosting, Review

    Review Hosting Unlimited Terbaik untuk memberikan gambaran hosting dengan berbagai kelebihan dan kekuranganya Website (blog) yang…

    Friday 6 May 2011 | Hosting, Review

    Bila anda serius menjadikan blog sebagai pencari uang, dan sudah banyak website yang anda bangun, maka…

    Klodangan C-09 RT 03 RW 26 Sendangtirto Berbah Sleman Yogyakarta
    0812 2525 7338