Cara Pindah Hosting Paling Mudah

Pcara pindah hosting termuraherusahaan hosting di Indonesia saat ini cukup banyak, mulai dari yang murah hingga yang mahal, mulai dari yang layanannya bagus hingga yang layanannya lambat. Bila anda telah memutuskan untuk pindah hosting dari perusahaan satu ke perusahaan lain yang anda anggap kualitasnya lebih baik ataupun lebih murah, berikut ini langkah-langkah yang harus anda lalui.

Cara Memindahkan Hosting :

Pindah Hosting ada dua macam yaitu :

1.  Pindah Hosting saja (domain tidak dipindahkan)
2.  Pindah Hosting maupun Domain

Cara Download Website (domain tidak dipindahkan) :

1.  Silakan masuk ke cpanel hosting lama, bisa dengan http://yourdomain.com/cpanel

Bila domain sudah terlanjur diarahkan ke hosting baru, maka akses cpanel bisa dilakukan dengan akses ip-nya/cpanel, silakan ditanyakan ip server ke provider hostingnya, misal  http://208.76.245.216/cpanel

2.  Klik Backup untuk membackup database dan backup file, caranya :

–  Download File :  Klik Home Directory, maka file website akan terdownload ke komputer anda (.tar.gz)

–  Download Database :  Klik Nama databasenya, maka akan terdownload .sql database website

Database (file .sql) dan file website ( file.tar.gz) telah terdownload di komputer anda, File inilah yang nantinya akan anda upload di hosting baru. Kedua file tersebut yang disebut file backup website, adapun email tidak ter-backup.

Lalu bagaimana bila anda hendak memindahkan isi emailnya juga dari hosting lama ke hosting baru? Ini sulit dilakukan, Solusinya download email anda ke komputer anda dengan Microsoft  Outlook atau Outlook Express.  Namun mudah dilakukan oleh hosting provider, karena pindah hostingnya dengan SSH.  Bila anda punya VPS atau login server sendiri, maka upload lebih mudah dengan SSH tersebut, anda hanya perlu download full backup dengan cara sbb :

Cara Membuat Full backup dan Mendownlaodnya :

–  Di cpanel, klik Download or Generate Full Bacup

–  bila anda belum pernah klik, maka server akan memuat backup dulu, tunggu proses hingga 100 % dan bila telah selesai klik nama file backup tersebut :

Bila anda punya server sendiri, login ssh dan ikuti cara pindah hosting dengan SSH adapun untuk hosting biasa tidak bisa memindahkan email, dan solusinya hanya dengan download pakai microsoft outlook.

3.  Setelah terdownload, silakan masuk ke cpanel hosting baru, dan lakukan proses upload database maupun upload file
4.  Bila Upload betul-betul sukses dan selesai, pindahkan NS (name server) domain ke NS hosting baru.

Pindah Hosting maupun Domain :

1.  Ikuti langkah pindah hosting seperti diatas.

2.  Lakukan Proses tranfer domain

Dengan tutorial ini Anda tidak perlu membayar jasa pindah hosting. Saya biasanya di beri Rp. 50.000 tiap pindah hosting. Bila ada kesulitan silakan untuk tinggalkan komentar Anda.

Leave a Comment