Cara Encrypt File untuk Hindari Plagiat

Cara Encrypt File PHP untuk Menghindari Plagiat bisa menggunkan free php encoder, fitur ini gratis. File anda akan aman dari plagiat.

Seorang web developer tentu punya script yang dengan susah payah dibuat, script tersebut bisa saja dicopy paste orang lain tanpa rasa terima kasih. Misal Anda membuat template wordpress sangat bagus, di bagian bawahnya anda tulisi : dibuat oleh Anda.com

Oleh orang yang copy paste, bisa saja footer yang Anda.com diganti ke link orang yang copy paste tersebut, seolah-olah itu buatan dia, bukan buatan Anda.

Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan meng-enkrip file php anda agar tidak bisa di edit orang lain. Setelah Anda enkrip maka file tersebut code scriptnya akan menjadi acak dan tdk bisa diedit lagi.

Dulu orang biasa menggunakan software untuk meng-encrypt script PHP seperti Zend Guard, Ion Cube, atau Zend Encoder, namun itu bayar. hanya trial dalam beberapa minggu.

Saat ini anda tidak perlu membayar lagi, dan tinggal mengakses phpencode.org Copy saja script anda lalu Lihat hasil enkripnya.

Caranya :
1. Buat script PHP dahulu, misalkan tes.php
2. Buka situs phpencode.org kemudian upload file contoh.php

Anda juga bisa mengupload file lebih dari satu. Isikan kunci enkripsi pada kotak ‘Encryption Key‘. Anda dapat mengisikan dengan sebarang kode, bisa angka atau huruf. Kunci ini nanti akan digunakan untuk proses decoding ketika script hasil enkripsi atau encoded script akan dijalankan. lalu pada pilihan ‘Encoding Type‘ pilih ‘Reguler Encoding‘. Terakhir klik tombol ENCODE.

3. Setelah klik ENCODE download script hasil encoding tadi. Adapun nama file yang kita download adalah sama dengan nama-nama file aslinya, Tambah satu lagi adalah file decoder.php. Kemudian kita letakkan file-file tersebut ke direktori web server kita.

Selamat mencoba.
referensi : blog.rosihanari.net

Update: sekarang untuk wordpress sudah ada plugin untuk melindungi copy paste.

Leave a Comment